Update Palestina (6 Mei 2019/1 Ramadhan 1440 H)

Ketika bulan Ramadhan datang dengan penuh gembira, Palestina kembali berduka dengan serangan bombardir oleh Zionis yang menyerang Gaza. Dilansir dari nasional.republika.co.id, ada 21 orang yang gugur serta puluhan bangunan runtuh akibat serangan ini. 

Selain itu, 13 sekolah di Gaza hancur dan rusak berat karena serangan Israel pada minggu sebelumnya. Dengan hancurnya sekolah tersebut, anak-anak Palestina yang ada di Gaza kesulitan untuk menimba ilmu. Walaupun akhirnya ada mediasi dari Mesir, Palestina kembali sunyi dengan trauma yang mendalam akibat serangan yang lebih parah dari pada tahun 2014 waktu itu.

Perang 10 Tahun, Belasan Juta Orang Terluka di Palestina

Perang belum berhenti, derita Palestina pun makin menjadi. Sejak 2008, Israel dan Palestina telah bertikai di Jalur Gaza dan beberapa bulan terakhir kerusuhan menimbulkan kegelisahan baru. Ledakan bom dan serangan senjata terus hadir di hari-hari kehidupan mereka.

Setidaknya sejak Maret 2018 lalu telah ratusan masyarakat Palestina tewas. Paling anyar, 11 November kemarin Gaza kembali memanas menyusul adanya operasi militer yang menewaskan tujuh orang Palestina dan satu perwira Israel. Walau ribuan KM jarak Indonesia dengan Palestina, tapi hati-hati kita tetap bersama dalam kesatuan iman.

PERJALANAN DOMPET DHUAFA BERSAMA Palestina

Dalam bidang kemanusiaan, Dompet Dhuafa telah berkiprah sejak tahun 2009 dengan berbagai program diantaranya sebagai berikut,

Tahun 2009 

  • Dompet Dhuafa merevitalisasi  pabrik roti di Jabaliyah, Palestina yang memproduksi 10 ribu roti per hari.

Tahun 2010

  • Dompet Dhuafa telah mendirikan program kemandirian pangan yang disebut Gaza Food Bank. Bergulirnya program Gaza Food Bank ini telah memberikan manfaat kepada warga di jalur Gaza, Palestina.
  • Juli 2010; Dompet Dhuafa membangun 2 instalasi sumber air di Khanyunis untuk sumber air bersih dan perairan perkebunan.

Tahun 2012 

  • Dompet Dhuafa mengambil konsentrasi program pangan untuk mendukung daya tahan (resilience) masyarakat Gaza melalui program Gaza Food Bank.

Tahun 2013

  • Dompet Dhuafa menggulirkan program Gaza Food Bank dengan memberikan banyak manfaat kepada warga Gaza, Palestina. Program ini diinisiasi dalam rangka membantu persediaan suplai logistik pangan seperti beras, kelinci, minyak wijen, dan kebutuhan pangan lainnya.
  • Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Palestinian Welfare House (PWH) membangun peternakan kelinci dengan lahan seluas 250 m2. (progress report of Rabits Farm)

Tahun 2014

  • Januari 2014; Dompet Dhuafa mengirim relawan untuk penanganan kebencanaan akibat perang yang terjadi di Palestina akibat agresi Israel yang melanggar hukum humaniter internasional.
  • Juli 2014; Untuk membantu warga Palestina, Dompet Dhuafa mengalokasikan lebih kurang Rp300 juta untuk kebutuhan makanan warga Palestina dan juga mengikirimkan relawannya pada 10 Juli 2014 untuk diberangkatkan ke Gaza. 
  • September 2014; Pogram kepedulian Dompet Dhuafa (DD). Bertajuk “School for Gaza’, program ini fokus dalam pengembangan dunia pendidikan di Palestina

Tahun 2015

  • Dompet Dhuafa melalui Tebar hewan Kurban (THK) menargetkan sebanyak 22.000 hewan kurban siap disitribusikan ke wilayah yang menjadi sasaran program,

Tahun 2016

  • Juni 2016, Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa membagikan parsel Lebaran kepada kaum lemah dan masyarakat kurang beruntung di Gaza, Palestina.

Tahun 2018

  • Januari 2018, Dompet Dhuafa dan Masyarakat Indonesia menjalankan program Dinking Water Filters untuk 50 KK / 350 Individu yang terdiri dari warga miskin dan disabilitas Gaza.
  • Setelah sukses Parsel Ramadhan di tahun 2016, Dompet Dhuafa juga kembali membagikan Parsel Ramadhan di Lebaran 2018.

Dan kini, situasi semakin sulit. Bukan hanya perang yang mengancam namun musim dingin pun telah menyerang. Bisa bayangkan bagaimana makin sulitnya saudara kita di Paletina bukan ?

Mari terus berikan doa dan dukungan terbaik kita untuk mereka yang mungkin tak dapat merasakan ketenangan dengan cara,

  1. Klik Tombol DONASI SEKARANG
  2. Isi Form Donasi
  3. Lakukan Pembayaran